Sabtu, 10 April 2010

Tugas Jarkom

1.A. Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis.

B. Switch jaringan (atau switch untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC).

C Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) pada model OSI.

D. Bridges
• Sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan.
• Bridges juga dapat di gunakan untuk mengkoneksi diantara network yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula.

E. Routers
• Router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat tujuan dan alamat asal.
• Router dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihatsisi mana yang paling sibuk dan dia bisa menarik data dari sisi yang sibuk tersebut sampai sisi tersebut bersih.
• Mengatur jalur sinyal secara effisien
• Mengatur Pesan diantara dua buah protocol
• Mengatur Pesan diantara topologi jaringan linear Bus dan Bintang(star)
• Mengatur Pesan diantara melewati Kabel Fiber optic, kabel koaksial atau kabel twisted pair

F. Modem
• Analog
– Infinite number of levels
– dapat dipancarkan untuk jarak jauh.

• Digital
– Hanya dua tingkatan (high and low)
– Tidak dapat dipancarkan untuk jarak jauh.
G.
Acces Point

Dalam jaringan komputer, titik akses nirkabel (WAP) adalah sebuah alat yang memungkinkan perangkat komunikasi nirkabel untuk menghubungkan ke jaringan nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau standar terkait. WAP biasanya
terhubung ke router, dan dapat mengirimkan data antara perangkat nirkabel (seperti komputer atau printer) dan kabel perangkat pada jaringan.


H. Konektor RJ45

RJ45 adalah salah satu dari banyak jack terdaftar, seperti RJ11, standar dari yang mendapatkan "RJ" dalam namanya. Hal ini juga sering digunakan secara informal untuk ethernet jack 8P8C serupa.

Sebagai jack terdaftar, RJ45 menentukan baik fisik dan pola konektor kabel untuk kabel telepon, dan menggunakan, khusus [1] [2] 8P2C memasukkan konektor modular, dengan pin 5 dan 4 kabel untuk ujung dan cincin sambungan telepon tunggal dan pin 7 dan 8 terhubung ke resistor pemrograman. Ini dikembangkan untuk digunakan dengan modem kecepatan tinggi, dan usang hari ini.


I. UTP dan STP
Unshielded twisted-pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus.

STP adalah jenis kabel yang awalnya dikembangkan oleh IBM untuk Token Ring yang terdiri dari dua kawat individu yang dibungkus dengan foil perisai untuk membantu menyediakan komunikasi data yang lebih handal.



2. a.Topologi Bus : Pada topologi Bus, kedua unjung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan mentap Ethernetnya sepanjang kabel.

b.Topologi Ring : Token Ring adalah sebuah cara akses jaringan berbasis teknologi ring yang pada awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969. Perusahaan IBM selanjutnya membeli hak cipta dari Token Ring dan memakai akses Token Ring dalam produk IBM pada tahun 1984. Elemen kunci dari desain Token Ring milik IBM ini adalah penggunaan konektor buatan IBM sendiri (proprietary), dengan menggunakan kabel twisted pair, dan memasang hub aktif yang berada di dalam sebuah jaringan komputer.

c.Topologi Star : Jaringan Star adalah salah satu topologi jaringan komputer yang paling umum. Dalam bentuk yang paling sederhana, jaringan bintang terdiri dari satu switch sentral, hub atau komputer, yang bertindak sebagai saluran untuk mengirimkan pesan [1]. Dengan demikian, pusat dan simpul daun, dan jaringan transmisi di antara mereka, membentuk sebuah grafik dengan topologi bintang. Jika simpul pusat bersifat pasif, simpul yang berasal harus dapat mentolerir penerimaan dari gema transmisi sendiri, tertunda oleh waktu transmisi dua arah (yaitu ke dan dari titik pusat) ditambah keterlambatan dihasilkan di titik pusat . Jaringan bintang aktif memiliki titik pusat aktif yang biasanya memiliki cara untuk mencegah masalah yang berhubungan dengan echo


3 A. Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.


B. Subnet mask adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dengan host ID, menunjukkan letak suatu host, apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar.

C. Gateway adalah node (router) pada TCP / IP Jaringan yang berfungsi sebagai titik akses ke jaringan lain.
A default gateway adalah node pada jaringan komputer yang dipilih ketika alamat IP tidak cocok dengan rute lain dalam tabel routing.

4 A. Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

B. WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

C. Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar


5. Classless Inter-Domain Routing (disingkat menjadi CIDR) adalah sebuah cara alternatif untuk mengklasifikasikan alamat-alamat IP berbeda dengan sistem klasifikasi ke dalam kelas A, kelas B, kelas C, kelas D, dan kelas E. Disebut juga sebagai supernetting. CIDR merupakan mekanisme routing yang lebih efisien dibandingkan dengan cara yang asli, yakni dengan membagi alamat IP jaringan ke dalam kelas-kelas A, B, dan C. Masalah yang terjadi pada sistem yang lama adalah bahwa sistem tersebut meninggalkan banyak sekali alamat IP yang tidak digunakan. Sebagai contoh, alamat IP kelas A secara teoritis mendukung hingga 16 juta host komputer yang dapat terhubung, sebuah jumlah yang sangat besar. Dalam kenyataannya, para pengguna alamat IP kelas A ini jarang yang memiliki jumlah host sebanyak itu, sehingga menyisakan banyak sekali ruangan kosong di dalam ruang alamat IP yang telah disediakan. CIDR dikembangkan sebagai sebuah cara untuk menggunakan alamat-alamat IP yang tidak terpakai tersebut untuk digunakan di mana saja. Dengan cara yang sama, kelas C yang secara teoritis hanya mendukung 254 alamat tiap jaringan, dapat menggunakan hingga 32766 alamat IP, yang seharusnya hanya tersedia untuk alamat IP kelas B.

6. .Topologi Star : Jaringan Star adalah salah satu topologi jaringan komputer yang paling umum.maksud dari Topologi itu adalah untuk mnambah,mengurangi, ataukerusakan jaringan yang ada.selain itu permasalahan panjang kabel yang harus sesuai (matching) juga tidak menjadi suatu yang penting lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar